Sunday, November 1, 2015

MAKALAH ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN



Bab I
Pendahuluan


A.     Latar belakang masalah

Di Era modern seperti ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesatnya. dimana semua keperluan manusia dalam bidang apapun membutuhkan teknologi untuk menyelesaikan tugas mereka. Mulai dari perakitan mobil, motor, pembuatan kontruksi gedung, design, percetakan, entah itu penggunaan dalam bentuk alat maupun aplikasinya. Apalagi didunia pendidikan, yang akhir-akhir ini serba dengan teknologi, mulai dari pembelajaran online, UNAS online dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang dapat diakses secara online.

Teknologi dalam pendidikan merupakan sarana  untuk berkembang pesatnya teknologi baik untuk proses belajar maupun pengajarannya. Tapi untuk sekolah disuatu  daerah teknologi belum menjangkau untuk pembelajarannya. Bahkan untuk jaringan celuller saja susah diperoleh.

B.      Rumusan  Masalah

 Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas maka rumusan masalahnya sebagai berikut :

1.       Apa pengertian IPTEK dalam pendidikan?
2.       Bagaimana perkembangan Teknologi dalam pendidikan disuatu daerah?
3.       Apa pengaruh teknologi dalam pendidikan?
4.       Apa dampak perkembangan teknologi dalam pendidikan?









BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian IPTEK

Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi  dalam pendidikan adalah pemanfaatan dan pengembangan teknologi untuk usaha memudahkan proses belajar mengajar.

Untuk pemanfaatannya banyak sekali, dulu yang cara pengajarannya interaksi secara langsung didepan anak-ssanak. Tapi dengan adanya teknologi sekarang menjadi menggunakan LCD proyektor dengan guru dan bahkan tanpa guru. Selain itu dibidang pendidikan banyak sekali penggunaanya, seperti contok ; kelas yang diawasi CCTV, lab computer, perpustakan electonik, learning education dan masih banyak lagi.

Dalam pengembangannya teknologi masa kini yang tiap periode bahkan tiap bulan yang selalu mengalami perubahan atau pemutakhiran baik dari dimensi, alat dan juga sistemnya. Itu semua juga karena banyaknya pendidikan-pendidikan yang mengajarkan khusus tentang pendidikan teknologi semisalnya sekarang banyaknya perguruan-perguruan tinggi yang mendirikan kejuruan khusus teknologi bahkan sekarang ada sekolah tingkat menengah yang sudah ada pembelajaran teknologi seperti RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), multimedia,  juga TKJ (Teknik Jaringan dan Komputer) dan masih banyak lainya.

B.      Perkembangan teknologi dalam pendidikan didaerah

ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan satu sama lainya. Karena ditinjau dari kebutuhan pendidikan saat ini yang membutuhkan teknologi sebagai media untuk proses pembelajaran. sepertinya tidak mungkin untuk memisahkan antara teknologi  dengan pendidikan. Karena dengan adanya pendidikan teknologi dapat berkembang dengan pesat.

Selain itu teknologi dalam pendidikan akan selalu mengikuti perkembangan pendidikan. Kebutuhan-kebutuhan dalam pendidikan misalanya menuntut untuk menggunakan jaringan internet dalam proses pengiriman data baik data siswa, data-data penting sekolah, tugas-tugas dan masih banyak lagi.

Tapi perkembangan  teknologi tersebut berbeda dengan perkembangan disuatu daerah tertentu. Karena akses yang terbats dan jangkauan yang jauh dari perkotaan menjadikan teknologi disana tidak mampu berkembang seperti didaerah-daerah yang aksesnya mudah baik dalam transportasi maupun komunikasi, bahkan untuk menjangkau jaringan seluler saja harus mencari tempat tinggi didaerah tersebut.  Disini dibutuhkanlah perhatian dari pemerintah, mungkin bukan Cuma pemerintah saja yang harus memperhatikan daerah terpencil yang belum tersentuh oleh pendidikan, kitapun seharusnya ikut memikirkan bagaimana memajukan Negara ini. Karena sering ada tulisan “jangan tanyakan apa yang Negara telah diberikan padamu, tapi tanyakan pada dirimu apa yang telah kamu berikan pada negaramu”.

C.      Pengaruh Teknologi Dalam Pendidikan

Teknologi saat ini memang sudah tak dapat dipungkiri lagi. berkembang pesatnya teknologi tersebut berpengaruh pada kehidupan terutama pada pendidikan.

Berikut ini adalah dampak perkembangan teknologi;

a.      Manfaat Komputer dalam Bidang Ilmu dan Teknologi

          Pada bidang IPTEK contohnya yaitu pada bidang pengembangan teknologi nuklir. Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.
          Ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing-masing molekul.
          Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah sertacountour dari suatu daerah.
          Perjalanan ke ruang angkasa yang memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan
          dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yang ada dalam pesawat.

b.      Dampak Negatif Dari Komputer Yaitu Diantaranya :
1.       Banyak orang (khususnya pelajar) yang terlarut dalam  game / permainan  kesukaannya sampai lupa pada tanggung jawab pokok diri mereka sendiri.
2.       Ada lagi yang suka mengakses situs – situs yang terlarang misalnya situs yang menyediakan konten porno atau perjudian online.
3.       Sering terjadi pencurian secara online atau penipuan (melalui situs web tertentu) yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab.
4.       Sebagian programmer yang tidak bertanggung jawab bahkan mencuri data pribadi orang lain untuk kemudian digunakan untuk aksi kejahatan.

No comments:

Translate