Thursday, February 4, 2016

Subhanallah.. semut adalah binatang mulia yang namanya diabadikan dalam Al-Quran

Subhanallah.. semut, binatang mulia yang namanya diabadikan dalam Al-Quran

Meski fisik binatang ini berukuran mikro, tapi Allah SWT mengangkat derajat mereka dengan begitu besar hingga mengabadikan namanya dalam surat An-Naml, yaitu surat ke 27 dalam al-Qur’an yang berjumlah 93 ayat.



Semut sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, walaupun sering luput dari perhatian. Faktanya, semut memiliki banyak keistimewaan. Semut adalah makhluk hidup dengan populasi terpadat di dunia. Perbandingannya, untuk setiap 700 juta semut yang muncul di dunia, hanya terdapat kelahiran 40 manusia.

Mirip dengan lebah, semut pun disiplin dalam hal pembagian tugas kerja. Ada semut pekerja yang bertugas merawat dan mencari makanan, semut prajurit yang bertugas melindungi koloni, dan ratu semut yang bertugas meningkatkan jumlah individu dalam koloninya.

Sebuah penelitian meyebutkan bahwa semut memiliki jaringan komunikasi yang sangat kuat. Hal ini terlihat dari kerjasamanya yang baik dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. Semut pun termasuk binatang yang sangat kuat. Seekor semut mampu mengangkat beban dengan berat tiga kali lipat dari berat tubuhnya.

Nabi Sulaiman As, yang dapat berbicara dengan binatang pun sangat mengagumi kebijaksanaan semut. Semut tak pernah kenal lelah dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya. Inilah yang harusnya dijadikan contoh bagi umat manusia.

No comments:

Translate